Rabu, 08 Mei 2013

BUDAYA-BUDAYA DI JAWA BARAT

BUDAYA JAWA BARAT


1.      Pendahuluan

-          Budaya dan seni rupa jawa barat
-          Kehidupan sosial di jawa barat dan untuk memehami budaya jawa barat

2.      Pembahasan

BUDAYA DAN WARISAN JAWA BARAT

 jawa barat Jawa Barat adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Provinsi ini terletak di sebelah DKI Jakarta sehingga banyak pendatang yang menetap di provinsi ini. Ibu kotanya ialah Bandung. Provinsi ini bersempadan dengan:
1.                  Provinsi Banten dan DKI Jakarta di sebelah barat;
2.                  Lautan Hindi di sebelah selatan;
3.                  Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur; dan
4.                  Laut Jawa serta DKI Jakarta di sebelah utara.
jawa barat yang terkenal dengan budaya sunda, budaya sunda terasa kental sekali melekat pada masyarakat jawa barat mulaia dari bahasa yang unik , tarian jaipongnya yang sudah terkenal dan wayang goleknya yang juga unik dan mengagumkan, yang tidak kalah mengagumkan adalah angklung ini adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang menghasilkan suara khas yang tiada duanya, ini adalah ciri khas jawa barat berikut beberapa foto dari budaya jawa barat
SOSIAL BUDAYA
Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki perilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Tatanan kehidupannya lebih mengedepankan keharmonisan seperti tergambar pada pepatah; "Herang Caina Beunang Laukna" yang berarti menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru atau prinsip saling menguntungkan. Masyarakat Jawa Barat memiliki komitmen yang kuat terhadap nilai-nilai kebajikan. Hal ini terekspresikan pada pepatah "Ulah Unggut Kalinduan, Ulah Gedag Kaanginan"; yang berarti konsisten dan konsekuen terhadap kebenaran serta menyerasikan antara hati nurani dan rasionalitas, seperti terkandung dalam pepatah "Sing Katepi ku Ati Sing Kahontal ku Akal", yang berarti sebelum bertindak tetapkan dulu dalam hati dan pikiran secara seksama. Jawa Barat dilihat dari aspek sumber daya manusia memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia dan sebagai provinsi yang mempunyai proporsi penduduk dengan tingkat pendidikan, jumlah lulusan strata-1, strata-2 dan strata-3 terbanyak dibandingkan dengan provinsi lain


Adat istiadat jawa barat
Penduduk Jawa Barat terdiri dari beberapa suku bangsa. Suku-suku bangsa itu tersebar di hampir seluruh wilayah Jawa Barat. Meskipun terdapat beberapa suku bangsa, namun, pada dasarnya memiliki adat istiadat yang sama.

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat pada umumnya adalah Bahasa Sunda dengan budaya Sunda yang kental. Dalam penggunaan Bahasa Sunda ini pun terdapat undak-usuk-basa atau tingkat pemakaian bahasa. Masyarakat Sunda juga mengenal agama Sunda Wiwitan atau Sunda Pertama atau Agama Islam Sunda.
Pada umumnya, masyarakat Sunda menganut falsafah bengkuang ngariung, bongkok ngaroyot. Pandangan hidup itu berarti kerabat tidak mudah berpisah atau saling rasa berjauhan meskipun satu sama lain tidak berdekatan tinggalnya.

Selain bahasa yang menjadi ciri khas masyarakatnya, orang Sunda juga sangat mencintai kesenian. Pada umumnya, kesenian yang ditampilkan adalah kesenian dengan sikap yang gembira, perasa, dan terbuka. Itu menjadi ciri khas dari kesenian tradisional masyarakat Sunda.

BUDAYA JAWA BARAT

Jawa Barat yang terkenal dengan budayasunda, budaya sunda terasa kental sekali melekat pada masyarakat Jawa Barat mulaa dari bahasa yang unik , tarian jaipongnya yang sudah terkenal dan wayang goleknya yang juga unik dan mengagumkan, yang tidak kalah mengagumkan adalah angklung ini adalahalat musik yang terbuat dari bambu yang menghasilkan suara khas yang tiada duanya, iniadalah ciri khas Jawa Barat berikut beberapa foto dari budaya Jawa Bara

Seni dan warisan budaya jawa barat

Angklung

adalahalat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat ber  bahasa Sunda di Pulau Jawabagian barat. Alat musik  ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunannada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras (nada) alatmusik angklung sebagai musik tradisiSunda kebanyakan adalahsalendrodan pelog.


Bahkan, sejak 1966, Udjo Ngalagena—tokoh angklung yang mengembangkan teknik   permainan berdasarkan laras-laras pelog, salendro, dan madenda— mulai mengajarkan bagaimana bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai komunitas.

Tari Jaipong Jaipongan

adalah sebuah genreseni tariyang lahir dari kreativitas seorang seniman asalBandung, Gugum Gumbira. Perhatiannya pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilumenjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-polagerak tari tradisi yang ada padaKliningan/Bajidoranatau Ketuk Tilu. Gerak-gerak 
bukaan  pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerak mincid dari beberapa kesenian diatas cukup memiliki inspirasi untuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenaldengan nama Jaipongan
.
Wayang Golek 

Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Orang sering menghubungkankata “wayang” dengan ”bayang”, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulityang memakai layar, dimana muncul bayangan-bayangan. DiJawa Barat, selain wayang kulit,yang paling populer adalah wayang golek. Berkenaan dengan wayang golek, ada duamacam diantaranya wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa yang ada didaerah Sunda. Kecuali wayang wong, dari semua wayang itu dimainkan oleh seorangdalang sebagai pemimpin pertunjukan yang sekaligus menyanyikan suluk, menyuarakanantawacana, mengatur gamelan mengatur lagu dan lain-lain.

Tari merak

Tari Merak menggambarkan kehidupan satwa burung Merak yang mempunyai keanggunan, keindahan dan kelincahan gerak-geriknya dalam kehidupan burung Merak yang sedang bercanda ria didalam alam jagad raya ini. Tari ini adalah tarian yang dimainkan wanita. Ia adalah tari klasik Sunda yang menyimbolkan kecantikan alam

Tari topeng
  
Siapa yang tidak mengenal Tari Topeng dari Jawa Barat? Di propinsi ini tarian ini dikenal dengan tari Topeng Cirebon dan tari Topeng Priangan. Secara historis, kemunculan tari Topeng diawali di daerah Cirebon, yang kemudian menyebar ke beberapa daerah di Jawa Barat termasuk Priangan. Sebaran di Priangan disebarkan oleh Dalang Topeng bernama Wentar yang berasal dari Palimanan, Kabupaten Cirebon.
Anda akan mendapatkan bahwa Tari Topeng mempunyai ketentuan–ketentuan tertentu yang disesuaikan dengan perwatakannya misalnya PANJI, yang diartikan seorang bayi yang belum mempunyai dosa (masih bersih), PAMINDO, yang artinya kedua, atau diartikan juga sebagai lanjutan. Dalam cerita, digambarkan pula sebagai kesatria atau dalam tari topeng digambarkan pula sebagai seorang anak, PATIH, yang menggambarkan kedewasaan, dan KLANA, yang menggambarkan orang yang telah tua atau telah terpengaruh oleh hawa nafsu

Tari topeng dari Cirebon, merupakan salah satu tarian di tatar Parahyangan. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng disaat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh saru penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.
Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah Tari topeng kelana kencana wungu merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana wungu yang dikejar-kejar oleh prabu Menakjingga yang tergila-tergila padanya. Pada dasarnya masing-masing topeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Menakjingga (disebut juga kelana), dengan topeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja.Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng.
  

4.      Daftar pustaka

-          buku salam sahabat nusantara: jawa barat yang memesona, penerbit: doenia aksara
-          muflihah, rangkuman pengetahuan umum lengkap sekolah dasar, penerbit: puspa swara, jakarta2007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar